Langsung ke konten utama

Main Battle Tank Pertama Amerika Serikat: M4 Sherman Medium Tank


Wallpaper Tank Sherman

Tank Sherman merupakan kendaraan tempur lapis baja yang paling banyak diproduksi oleh Amerika Serikat pada masa perang Dunia ke-2. Total produksi kendaraan ini mencapai 50.000 unit yang dibuat dari tahun 1942 hingga 1945.

Sejarah Tank M4 Sherman

Adrian R. Lewis dalam artikelnya yang berjudul "Sherman Tank" menyatakan bahwa asal usul nama Tank Sherman berpacu terhadap salah satu Jendral yang berjuang saat meletusnya American Civil War  (1861-1865)  yaitu Jendral William Tecumseh Sherman. Tank Sherman atau disebut dengan nama resminya sebagai Tank M4 General Sherman merupakan kendaraan lapis baja utama yang digunakan oleh Amerika Serikat pada Perang Dunia ke-2. Kendaraan ini digunakan di teater afrika utara, sicily (itali), eropa, dan juga di pasifik. 

Sejarah kendaraan tempur
William Tecumseh Sherman
(Sumber: 
www.biography.com)

Pembuatan medium tank ini disebabkan karena pada mulainya Perang Dunia ke-2 yaitu pada tahun 1939, negara Amerika Serikat tidak memiliki kendaraan tempur yang mampu bersaing dengan kendaraan tempur negara eropa khususnya Jerman yang memiliki perkembangan teknologi dan taktik perang lapis baja yang jauh lebih moderen dibandingkan negara "Paman Sam". Oleh karena itu, sekitar pada tahun 1940 Departemen Perang Amerika Serikat memulai pembuatan kendaraan lapis baja yang baru untuk menggantikan Tank M3 Grant yang sudah usang dan diganti dengan Tank M4 Sherman.

Spesifikasi 

Purwa-rupa dari Tank Sherman berhasil diselesaikan pada tahun 1941 dan diterima oleh militer Amerika Serikat untuk diproduksi pada bulan oktober di tahun yang sama. Desainer dari tank ini menekankan kecepatan dan mobilitas dengan mengorbankan ketebalan baja dan ukuran meriam utamanya. Berikut adalah spesifikasi model awal dari tank tersebut:
  • Ketebalan Baja : 75 - 12 mm
  • Meriam Utama  : low velocity 75 mm
  • Persenjataan Tambahan  : 1 x senapan serbu kaliber 50 Browning M2HB, 2 x senapan serbu kaliber 30 Browning M1919A4 
  • Mesin : Continental R975-C1/ C4 9 silinder radial mesin bensin, 350 atau 400 hp dengan 2400 rpm. Mesin ini mampu menghasilkan kecepatan  35 - 48 km per jam.
Sejarah kendaraan lapis baja perang dunia 2
Spesifikasi M4 Sherman Tank
(Sumber : Encyclopædia Britannica, Inc.)

Rekam Jejak M4 Sherman di Medan Tempur

Dalam situs nationalww2museum.org menyebutkan bahwa model awal tank ini yaitu model M4A1 Sherman menunjukkan daya tempur yang cukup efektif untuk melawan Panzers Mk II dan Mk IV milik Jerman. Tetapi seiring berjalannya waktu, terbukti bahwa model awal ini tidak berdaya melawan Tank Tiger, Panther dan King Tiger yang memiliki ketebalan baja yang jauh lebih tebal dan ukuran meriam yang juga lebih besar. Sementara itu, Sherman juga dikenal sebagai tank yang mudah terbakar saat terkena peluru meriam  sehingga memiliki reputasi sebagai tank yang "terbakar setiap saat". Akibatnya, setiap pertempuran melawan tank Jerman dibutuhkan jumlah tank dari Amerika Serikat yang lebih banyak untuk dapat mengalahkan tank milik deutschland tersebut. Salah satu skenarionya dapat dilihat di Film Fury yang memperlihatkan bahwa ditubuhkan 4-5 Tank Sherman untuk mengalahkan 1 Tank Tiger.

pertempuran tank
 M4 Sherman Tank
(Sumber : www.thoughtco.com)
Tank Sherman memiliki peran utama sebagai pendukung pasukan, ujung tombak penyerangan, dan memperkuat posisi bertahan. Walaupun tank ini sering berhadapan dengan tank Jerman yang memiliki daya tempur lebih mengerikan, namun tank sherman lebih mudah untuk pemeliharaaanya. Oleh sebab itu, Amerika Serikat mencoba untuk meningkatkan daya tempur Tank Sherman miliknya yaitu dengan meningkatkan ketebalan baja dan ukuran meriam. Model yang sudah dimodifikasi diberi nama M4A1, M4A2, M4A3, M4A4, dan M4A6.

 

Komentar

Postingan Populer

Pzkpfw VI "Tiger": Kelebihan dan Kekurangan Sang Raja Medan Tempur

Tank Tiger merupakan salah satu tank yang paling mengerikan dalam Perang Dunia Ke-2. Namun apakah reputasinya sebagai "pembawa maut" menjadikan tank ini kendaraan tempur yang efektif ?

Tank Leopard 2

Tank Leopard 2 ini adalah Tank buatan German,tank ini adalah tank jenis Main Battle Tank(MBT).Dan tank ini sekarang mempunyai bebagai versi.seperti Leopard 2A4 dan Leopard 2A5