Bagaimana caranya menghancurkan heavy tank milik Jerman seperti Tank Tiger dan Jagdtiger yang dikenal mengerikan bagaikan hewan liar tanpa belas kasih? Jawabannya adalah tentu dengan menggunakan hewan yang jauh lebih "buas" yaitu ISU-152.
ISU-152 mampu menghancurkan kendaraan lapis baja kelas berat milik Jerman seperti Tank Tiger, Jagdtiger dan Ferdinand dengan sangat mudah. Oleh karena itu disebut sebagai zveroboy atau Beast Destroyer dari Uni Soviet.
Sejarah ISU-152
Willkerrs dalam artikelnya yang berjudul "A 152 mm Beast Killer" menyatakan bahwa kendaraan tempur ISU-152 merupakan salah satu kendaraan self-propelled artillery yang terberat di kelasnya. Kendaraan ini dibuat dari kerangka tank IS dan merupakan penerus dari SU-152 yang menggunakan chasis dari tank KV-1 yang sudah usang.
Tank ISU-152 (Sumber: www.warhistoryonline.com) |
ISU-152 dibuat didasari 2 alasan, yaitu karena kesuksesan pendahulunya SU-152 di medan perang dan kemunculan heavy tank baru yang bernama IS-2. Kementerian Pembangunan Industri-Mesin Transportasi Uni Soivet memerintahkan tim desain yang diketuai oleh GN Moskvin di Chelyabinsk bekerja sama dengan Biro Artileri Mekanis dan Jenderal F. Petriv untuk merancang dua heavy self-propelled artillery yang menggunakan kerangka dasar tank IS-2 pada tanggal 25 Mei 1943. Purwa-rupa pertama diselesaikan dengan hanya memakan waktu 1 bulan.
Purwa-rupa pertama dikenal sebagai IS-152 dengan desain yang mirip dengan SU-152. Namun IS-152 memiliki struktur yang lebih tinggi dan berbentuk persegi panjang serta menampilkan lapisan baja bagian samping yang tidak semiring SU-152.
ISU-152 di Musium Yad-la Shiryon Israel (Sumber: www.warhistoryonline.com) |
Perbedaan lainnya adalah IS-152 menggunakan suspensi yang lebih rendah dan posisi meriam utama berada di bagian kanan dari badan tank. Tank ini menjalani percobaan pada bulan September, 1942. Namun berbagai masalah ditemukan dan akhirnya dilakukan desain ulang.
Akhirnya, purwa-rupa kedua dibuat dengan perbaikan desain dan dilakukan percobaan di Gorohovestskom sebagai lokasi uji coba. Setelah melalui berbagai macam uji coba, Perintah untuk produksi masal diberlakukan pada tanggal 6 November 1943 dan tank ini diganti namanya menjadi ISU-152. Sebelum berakhirnya Perang Dunia Ke-2 tank ini berhasil diproduksi sebanyak 1.800 unit dan kendaraan ini terus dibuat hingga tahun 1947 dimana total produksinya mencapai 3.242 unit.
Spesifikasi ISU-152
Kendaraan tempur ini menggunakan meriam utama yang sama seperti pendahulunya SU-152. Namun memiliki lapis baja yang lebih tebal. Berikut spesifikasi dari ISU-152:
- Bobot : 47,3 Ton
- Panjang : 9,18 m
- Lebar : 3,07 m
- Tinggi : 2,48 m
- Jumlah operator : 4-5 orang
- Ketebalan baja : 120-60 mm
- Persenjataan utama : 152,4 mm ML-20S gun-howitzer
- Persenjataan tambahan : 12,7 x 108 mm DShK senapan serbu anti pesawat
- Mesin : V-21S mesin diesel
- Kecepatan maksimum : 15-20 km/jam (jalan tanah), 30 km/jam (jalan aspal)
- Jarak operasional : 120-220 km.
Blueprint ISU-152 (Sumber: www.warhistoryonline.com) |
Rekam Jejak Pertempuran ISU-152
Dalam artikel yang dimuat di militaryfactory.com menyebutkan bahwa kendaraan lapis baja ini digunakan juga oleh China, Czechoslovakia, Mesir, Irak, Korea Utara, Polandia, Romania dan Yugoslavia. Negara Finlandia juga menggunakan tank ini yang berhasil dirampas selama Continuation War pada tahun 1944. Selain merasakan Perang Dunia Ke-2, ISU-152 juga terjun pada Perang Korea (1950-1953), Perang Iran-Irak (1980-1988), dan bahkan beberapa varian digunakan dalam Perang Teluk (1991). Varian dari Tank ISU-152 adalah sebagai berikut:
ISU-152 M1945 (Object 704)
Varian in dikembangkan dengan menggunakan chasis dari IS-2 dan IS-3 terbaru pada tahun 1945. Tank ini menggunakan meriam utama ML-20SM mod.1944 gun-howitzer yang lebih moderen dari varian awalnya, Lapisan baja ditebalkan hingga mencapai 320 mm pada lapisan bagian depan.
ISU-152 M1945 (Object 704) (Sumber: forum.warthunder.com) |
ISU-152K
Tank ini adalah moderenisasi dari varian tahun 1956. ISU-152K menggunakan mesin baru yang sama dengan T-54 dan kapasitas bensin meningkat menjadi 920 sehingga menambah jarak operasionalnnya sebanyak 500 km.
ISU-152K (Sumber: www.recomonkey.com) |
ISU-152M
ISU-152M merupakan varian moderenisasi terakhir yang dikembangkan pada tahun 1959. Varian ini memiliki penambahan sama seperti varian ISU-152K dengan ditambah night vision sight, amunisi dan mesin serbu DShKM jenis baru.
ISU-152M (Sumber: www.recomonkey.com) |
ISU-152BM (Object 246 dan 247)
Pada tahun 1944, muncul kebutuhan untuk membuat tank yang dapat menghancurkan tank terberat milik Jerman seperti King Tiger dan Jagdtiger secara mudah. Hal ini menuntun untuk menempatkan meriam utama dengan diameter 122 mm pada IS-2, ISU-122, dan juga modifikasi meriam ISU-152 sehingga menjadi lebih panjang. Purwa-rupa pertama yang diberi nama Object 246 (ISU-152-1) dimuatkan meriam BL-8 yang memiliki jarak maksimum sebesar 18.500 mm. Meriam ini memiliki panjang 8 meter dan dapat menembus ketebalan baja hingga 203 mm dari sudut 90 derajat pada jarak 2000 m.
ISU-152BM (Sumber: forum.warthunder.com) |
Purwa-rupa kedua dinama Object 247 dan menggunakan meriam BL-10 yang pada umumnya memiliki spesifikasi yang sama dengan meriam BL-8. Namun BL-10 mempunyai kelebihan di jarak maksimumnya yaitu sebesar 19.500 mm.
Komentar
Posting Komentar